KEL : JURNAL 3
- Aditya Losandro Putra
- Herdino Ambargo
- Rizki Eko Sumarsono
LAYANAN PERBAIKAN SUMBER
Aditya Losandro Putra1, Herdino Ambargo2, Rizki Eko
Sumarsono3
Jurusan
Sistem Informasi, FIKTI, Universitas Gunadarma
ABSTRAK
Pada penulisan ini yang berjudul
layanan perbaikan sumber penulis akan menerangkan fungsi dari layanan perbaikan
sumber ini dalam kebutuhan akan sdm yang dilihat dari bidang politik dan
dilihat dari bidang ekonomi, dari dua bidang tersebut maka akan dilihat dari
aspek-aspek yang meliputi pengembangan peningkatan
kapasitas industry lalu dilihat pula dari aspek pengembangan layana publik. Dari
hasil jurnal yang penulis buat semoga dapat memberi manfaat untuk pembaca dan
mampu menjelaskan apa saya yang terdapat pada salah satu layanan telematika
yaitu layanan perbaikan sumber.
Kata Kunci : perbaikan
sumber, fungsi, aspek-aspek
1.
Pendahuluan
Layanan perbaikan sumber atau bias disebut
Resource Discovery Service (RDS) adalah sebuah layanan yang berfungsi untuk penemuan
layanan utilitas yang diperlukan. The
RDS juga berfungsi dalam pengindeksan lokasi layanan utilitas untuk mempercepat
kecepatan penemuan.Layanan perbaikan sumber yang dimaksud adalah layanan perbaikan dalam sumber daya manusia (SDM). onsep
pengembangan sumber daya manusia di bidang telematika ditujukan untuk meningkatkan
kualitas, kuantitas dan pendayagunaan SDM telematika dengan tujuan untuk
mengatasi kesenjangan digital, kesenjangan informasi dan meningkatkan
kemandirian masyarakat dalam pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi
secara efektif dan optimal.
2.
Layanan Perbaikan
Sumber (Resource Discovery Service)
Resource Discovery
Service (RDS) adalah sebuah layanan yang berfungsi untuk penemuan layanan
utilitas yang diperlukan. RDS juga berfungsi dalam pengindeksan lokasi
layanan utilitas untuk mempercepat kecepatan penemuan.
Layanan perbaikan
sumber yang dimaksud adalah layanan perbaikan dalam sumber daya manusia (SDM).
SDM telematika adalah orang yang melakukan aktivitas yang berhubungan dengan
telekomunikasi, media, dan informatika sebagai pengelola, pengembang, pendidik,
dan pengguna di lingkungan pemerintah, dunia usaha, lembaga pendidikan, dan
masyarakat pada umunya. Konsep pengembangan sumber daya manusia di bidang
telematika ditujukan untuk meningkatkan kualitas, kuantitas dan pendayagunaan
SDM telematika dengan tujuan untuk mengatasi kesenjangan digital, kesenjangan
informasi dan meningkatkan kemandirian masyarakat dalam pemanfaatan teknologi
informasi dan komunikasi secara efektif dan optimal.
Kebutuhan akan SDM dapat
dilihat dari bidang ekonomi dan bidang politik, yaitu :
·
Dilihat dari bidang
ekonomi
Pengembangan
telematika ditujukan untuk peningkatan kapasitas ekonomi, berupa peningkatan
kapasitas industry produk barang dan jasa.
·
Dilihat dari bidang
politik
Bagaimana
telematika memberikan kontribusi pada pelayanan public sehingga menghasilkan
dukungan politik.
Dari kedua bidang tersebut
diatas kebutuhan terhadap telematika akan dilihat dari dua aspek, yaitu :
1.
Pengembangan
peningkatan kapasitas industry.
2.
Pengembangan layana
publik.
Sasaran utama dalam upaya pengembangan SDM telematika yaitu
sebagai berikut :
a)
Peningkatan kinerja
layanan public yang memberikan akses yang luas terhadap peningkatan kecerdasan
masyarakat, pengembangan demokrasi dan transparasi sebagai katalisator
pembangaunan.
b)
Literasi masyarakat
di bidang teknologi telematika yang terutama ditujukan kepada old generator dan
today generation sebagai peningkatan, dikemukakan oleh Tapscott.
3.
Kesimpulan
Perbaikan sumber
yang dimaksud ialah layanan perbaikan dalam sumber daya manusia yang dapat
dilihat dari bidang ekonomi dan bidang politik yang meliputi Pengembangan
telematika ditujukan untuk peningkatan kapasitas ekonomi, berupa peningkatan
kapasitas industry produk barang dan jasa dan Bagaimana telematika memberikan
kontribusi pada pelayanan public.
4.
Daftar Pustaka
http://resty-pumpfh.blogspot.com/2009/12/layanan-telematika.html
https://adji14.wordpress.com/2012/11/02/layanan-telematika/
http://widyaitaw.blogspot.com/2014/11/layanan-telematika.html
http://vianis117.blogspot.com/2014/10/layanan-telematika.html
0 komentar:
Posting Komentar