- Pengertian Antarmuka
Dalam
penggunaan umum, sebuah antarmuka atau interface adalah
sebuah titik, wilayah, atau permukaan di mana dua zat atau benda berbeda
bertemu; dia juga digunakan secara metafora untuk perbatasan antara benda. Kata
interface kadangkala (biasanya dalam bidang teknik) disingkat menjadi
"i/f".
Bentuk
kerja dari interface berarti menghubungkan dua atau lebih benda pada
suatu titik atau batasan yang terbagi, atau untuk menyiapkan kedua benda untuk
tujuan tersebut.
Kata
interface juga memiliki arti khusus:
- Antarmuka pengguna adalah fungsi dan atribut sensor dari suatu sistem (aplikasi, perangkat lunak, kendaraan, dll) yang berhubungan dengan pengoperasiannya oleh pengguna.
- Dalam elektronik dan teknik komputer, sebuah antarmuka dapat berarti:
- Batasan fisik dari dua subsistem atau alat.
- Sebuah bagian atau sirkuit di beberapa subsistemyang mengirim atau menerima sinyal ke atau dari subsistem lainnya: antarmuka jaringan, antarmuka video, kartu network.
- Sebuah standar yang menjelaskan sebuah himpunan karakteristik yang berfungsi, karakteristik interkoneksi fisik umum, dan karakteristik signal untuk pertukaran data atau signal; antarmuka USB, antarmuka SCSI.
- Dalam telekomunikasi, sebuah titik interkoneksi antara pengguna peralatan terminal dan fasilitas komunikasi komersial.
- Dalam teknik software, ia adalah sebuah spesifikasi dari properti sebuah komponen software yang komponen lainnya dapat bergantung kepadanya: lihat antarmuka (ilmu komputer).
- Dalam kimia, ia adalah permukaan antara dua fase yang berbeda dalah campuran "heterogeneous".
- Dalam geologi, ia mungkin juga sebuah permukaan atau lapisan "anomalous" antara dua "epoch" geologikal yang berbeda atau jenis batuan.
Antarmuka
pengguna (bahasa Inggris: user interface) merupakan bentuk tampilan
grafis yang berhubungan langsung dengan pengguna (user). Antarmuka pengguna
berfungsi untuk menghubungkan antara pengguna dengan sistem operasi,
sehingga komputer tersebut bisa digunakan.
Antarmuka
pengguna, dalam bidang desain industri interaksi manusia-mesin,
adalah sebuah tempat di mana interaksi antara manusia dan mesin
terjadi. Tujuan dari interaksi antara manusia dan mesin pada antarmuka pengguna
adalah pengoperasian dan kontrol mesin yang efektif, dan umpan balik dari mesin
yang membantu operator dalam membuat keputusan operasional. Contoh-contoh dari
konsep luas antarmuka pengguna ini termasuk aspek-aspek interaktif
dari sistem operasi komputer, alat-alat, kontrol operator mesin
berat, dan kontrol proses. Pertimbangan desain berlaku ketika membuat
antarmuka pengguna yang berkaitan atau melibatkan disiplin-disiplin ilmu
seperti ergonomi dan psikologi
Sebuah
antarmuka pengguna adalah sistem di mana pengguna berinteraksi
dengan mesin. Antarmuka pengguna mencakup perangkat keras dan perangkat
lunak. Antarmuka pengguna hadir untuk berbagai sistem, dan menyediakan cara
untuk:
*Input,
memungkinkan pengguna untuk memanipulasi sebuah sistem
*Output,
memungkinkan sistem untuk menunjukan efek dari manipulasi pengguna
Secara
umum, tujuan dari teknik interaksi manusia-mesin adalah untuk menghasilkan
sebuah antarmuka pengguna yang membuatnya mudah, efisien, dan menyenangkan
untuk mengoperasikan sebuah mesin dengan cara yang menghasilkan hasil yang
diinginkan. Ini biasanya berarti bahwa operator harus menyediakan input minimal
untuk mencapai output yang diharapkan, dan juga bahwa mesin harus meminimalkan
output yang tidak diinginkan.
- Fitur Antar muka pengguna Telematika
Terdapat
6 macam fitur yang terdapat pada antarmuka pengguna telematika. yaitu, Head Up
Display System, Tangible User Interface, Computer
Vision, Browsing Audio Data, Speech Recognition dan Speech Synthesis.
1.
Head Up Display System
Head
Up Display (HUD) merupakan sebuah tampilan transparan yang menampilkan data
tanpa mengharuskan penggunanya untuk melihat ke arah yang lain dari sudut
pandang biasanya. Asal nama dari alat ini yaitu pengguna dapat melihat
informasi dengan kepala yang terangkat (head up) dan melihat ke arah depan
daripada melihat ke arah bawah bagian instrumen. Walaupun HUD dibuat untuk
kepentingan penerbangan militer, sekarang HUD telah digunakan pada penerbangan
sipil, kendaraang bermotor dan aplikasi lainnya.
2.
Tangible User Interface
Tangible
User Interface, yang disingkat TUI, adalah antarmuka dimana seseorang dapat
berinteraksi dengan informasi digital lewat lingkungan fisik. Nama inisial
Graspable User Interface, sudah tidak lagi digunakan. Salah satu perintis TUI
ialah Hiroshi Ishii, seorang profesor di Laboratorium Media MIT yang memimpin
Tangible Media Group. Pandangan istimewanya untuk tangible UI disebut tangible
bits, yaitu memberikan bentuk fisik kepada informasi digital sehingga membuat
bit dapat dimanipulasi dan diamati secara langsung.
The
Reactable adalah multi-user instrumen musik elektronik dengan antarmuka
pengguna meja nyata. Beberapa pemain simultan berbagi kendali penuh atas
instrumen dengan memindahkan benda-benda fisik di atas permukaan meja
bercahaya. Bergerak dan berkaitan dengan benda-benda ini, mewakili komponen
modular synthesizer klasik, memungkinkan pengguna untuk membuat kompleks dan
dinamis sonik topologi, dengan generator, filter dan modulator, dalam nyata
semacam modular synthesizer atau aliran graspable bahasa pemrograman yang
dikuasai.
3.
Computer Vision
Computer
Vision (komputer visi) merupakan ilmu pengetahuan dan teknologi dari mesin yang
melihat. Dalam aturan pengetahuan, komputer visi berhubungan dengan teori yang
digunakan untuk membangun sistem kecerdasan buatan yang membutuhkan informasi
dari citra (gambar). Data citranya dapat dalam berbagai bentuk, misalnya urutan
video, pandangan deri beberapa kamera, data multi dimensi yang di dapat dari
hasil pemindaian medis.
4. Browsing
Audio Data
Browsing
Audio Data merupakan metode browsing jaringan yang digunakan untuk browsing
video / audio data yang ditangkap oleh sebuah IP kamera. Sebagai kemajuan
teknologi jaringan, semakin banyak diterapkan jaringan produk yang dibuat-buat
terus-menerus. Salah satu yang paling umum diterapkan jaringan yang dikenal
adalah produk kamera IP, yang dapat menampilkan isi (video / audio data)
melalui Internet. Kamera IP biasanya terhubung ke jaringan melalui router, dan
memiliki sebuah IP (Internet Protocol) address setelah operasi sambungan.
5.
Speech Recognition
Dikenal
juga dengan pengenal suara otomatis (automatic speech recognition) atau
pengenal suara komputer (computer speech recognition). Merupakan salah satu
fitur antarmuka telematika yang merubah suara menjadi tulisan. Istilah ‘voice
recognition’ terkadang digunakan untuk menunjuk ke speech recognition dimana
sistem pengenal dilatih untuk menjadi pembicara istimewa, seperti pada kasus
perangkat lunak untuk komputer pribadi, oleh karena itu disana terdapat aspek
dari pengenal pembicara, dimana digunakan untuk mengenali siapa orang yang
berbicara, untuk mengenali lebih baik apa yang orang itu bicarakan. Speech
recognition merupakan istilah masukan yang berarti dapat mengartikan
pembicaraan siapa saja.
6.
Speech Synthesis
Speech
synthesis merupakan hasil kecerdasan buatan dari pembicaraan manusia. Komputer
yang digunakan untuk tujuan ini disebut speech syhthesizer dan dapat diterapkan
pada perangkat lunak dan perangkat keras. Sebuah sistem text to speech (TTS)
merubah bahasa normal menjadi pembicaraan.
Sumber
:
http://id.wikipedia.org/wiki/Antarmuka
http://id.wikipedia.org/wiki/Antarmuka_pengguna
http://aangpaduraksa.blogspot.com/2013/12/antarmuka-telematika-dan-fiturnya.html
1 komentar:
Play Live Casino | Mummys Gold Hotel - Mapyro
Looking for the 속초 출장안마 best 김포 출장샵 live 논산 출장마사지 casino in Las 경상남도 출장샵 Vegas? Mapyro is the place to go. Try your luck on 의정부 출장마사지 your favorite games and experience the excitement of
Posting Komentar